Tips SEO Blogspot dengan META

Teman-teman semua mungkin sudah tahu, sejak lahirnya Blogger versi Beta (Beta Blogger) berformat XML, penggunaan Meta Tag pada blogspot.com mulai tersamarkan. pertanyaannya adalah, Apakah memang sudah digantikan dengan Script XML tertentu yang built-in atau karena emang Blogspot.com itu punya Google.com jadi tidak perlu di optimasi lagi dalam hal SEO di Blogspot?.

Ada juga yang beranggapan bahwa bahwa google tidak melakukan pencatatan deskripsi suatu halaman web hanya dengan membaca Meta Tagnya saja, namun lebih kepada kata-kata dan kalimat awal yang ada dari halaman web tersebut. Hmmm…. ok, anggapan itu kita kesampingkan sejenak, karena toh, kenyataannya… Optimasi SEO pada Blogspot masih bisa kita lakukan dan masih banyak pengguna blogger meyakini hal itu. caranya mudah hanya dengan menambahkan script Meta Tag di file XML kita. Ganti tulisan yang berwarna merah dengan milik Anda.

Sedikit pemahaman tentang Meta Tag

Meta Tag dalam suatu file HTML sebenarnya sangat penting untuk Optimasi SEO, sebab pada Meta Tag dipaparkan Apa, Siapa dan Bagaimana suatu web/blog difungsikan. Pemikiran lain, Meta tag bisa juga diartikan merupakan Jati diri atau Identitas, deskripsi suatu halaman atau Web/Blog agar lebih dikenal oleh Pengunjung melalui perantara definisi keyword pada Search Engine (Search Engine Keyword Definition). Meskipun penggunaan Meta Tag sebenarnya sangat sederhana dalam prakteknya -sebab ia sendiri hanya terdiri-dari beberapa baris text saja. Namun begitu…, Fungsinya sebagai nutrisi pendongkrak Traffik Natural dari Search Engine sangat-sangat berperan.

Komponen Meta Tag untuk SEO sebenarnya ada beberapa baris, namun yang lebih umum dan sering digunakan adalah “Description”, “Keywords” dan “robots”. Bentuknya adalah sebagai berikut :

<meta name=”description” content=”Deskripsi Blog” >
<meta name=”keywords” content=”Kata Kunci Blog” >
<meta name=”robots” content=”index/no index follow/no follow” >

Meta Tag “Description”.

Meta Tag description digunakan sebagai gambaran atau kilasan umum mengenai isi dari halaman web/blog tersebut. Penggunaannya usahakan tidak lebih dari 200 karakter, dan berhubungan dengan isi atau judul. Contohnya :

<meta name=“description” content=“fan2be.blogspot.com ialah blog yang berisikan tentang dunia Teknologi Informasi, Internet, SEO, tips dan trik seputar Blogging”>

Meta Tag “Keywords”.

Meta Tag keywords mungkin yang paling penting dalam Meta Tag, karena ia berperan dalam menentukan kata kunci apa yang dapat menemukan halaman web kita pada search engine. contohnya :

<meta name=“keywords” content=“SEO, webmaster, gratis”>

Pemisahan antar keyword dapat dilakukan dengan pemakaian spasi atau koma. Namun usahakan tidak melakukan pengulangan keywords, atau penggunaan keywords yang tidak berhubungan sama sekali dengan isi halaman web/blog sebab akan disangka “SPAMMING”.

Meta Tag “Robots”.

Penggunaan tag robots adalah untuk menentukan halaman mana saja yang akan di index, di follow atau tidak. Penggunaan follow dan no follow sangat berkaitan sekali dengan backlinks baik itu inbound atau outbound links. Sebab dari tag ini Spider Search Engine akan melakukan pencatatan atau tidak setiap tag URL yang ada dihalaman tersebut. Contohnya :

<meta name=“robots” content=“index / noindex / follow / nofollow”>

Optimasi SEO pada Blogspot

Nah penggunaanya dalam hal Optimasi SEO pada blogspot bisa Anda lakukan dengan menambahkan script tersebut pada file HTML atau XML anda. Untuk pengguna Blogspot dengan versi HTML, anda bisa tambahkan pada bagian dan . Untuk pengguna Blogger Beta atau XML. Langkahnya :

* Login Blogger.com
* Masuk ke Dashboard
* Pilih Layout - Edit HTML
* Centang “Expand Widget Templates”
* lalu cari “
* Copykan script dibawah ini

<meta name=”description” content=”Deskripsi Blog” >
<meta name=”keywords” content=”Kata Kunci Blog” >
<meta name=”robots” content=”index follow/no index no follow” >

* Lalu Simpan.

Dengan penambahan Meta Tag sebagai Optimasi SEO pada Blogspot, tentunya akan membantu Blog Anda menjadi lebih mudah terindex dan memberi Traffic natural lebih banyak lagi dari Search Engine

Related Post




Category Article

One Response to “Fan2be”

What's on Your Mind...

Note: Only a member of this blog may post a comment.