Cara Meningkatkan Traffic Blog bagian 1: Google Webmaster Tools

Cara Meningkatkan Traffic Blog bagian 1: Google Webmaster Tools


Google Webmaster Tools telah rilis, tapi banyak blogger yang tidak tahu bagaimana memanfaatkan tool ini untuk meningkatkan lalu lintas blog. Saya menggunakan dua cara cepat dan mudah dengan Robots.txt di artikel ini.



Tambahkan Sitemap Blog Anda


Langkah 1: Temukan Sitemap Blog Anda

Sebuah blog memiliki sitemap XML feed, setiap link yang tersedia pada blog Anda. Secara default platform, termasuk Wordpress, Blogger, dan dpt dipindahkan Jenis, memiliki RSS feed preinstalled. Feed RSS feed dibuat menggunakan XML walaupun tidak diatur, itu sudah ada!

Contoh untuk platform blog yang populer:


WordPress - http://www.blogname.com/rss
Blogger - http://blogname.blogspot.com/feeds/posts/default
Moveable Type - http://www.blogname.com/atom.xml
Feed Burner - http://feeds.feedburner.com/b
logname

Gantilah blogname dengan nama situs Anda. Gunakan contoh di atas untuk mencari tahu apa URL feed Anda. Anda akan memerlukannya pada langkah berikutnya.


Langkah 2: Muat sitemap di blog Anda ke Google Webmaster Tools


Kunjungi Google Webmaster Tools Home Page dan login ke account Google Anda. Jika Anda tidak memiliki account Google, mendaftar saja ngak lama kok.

Setelah masuk ke dashboard tool, anda akan melihat textbox di atas yang memungkinkan Anda untuk menambahkan blog Anda di situ:


Ketik URL di situs Anda dan klik tombol "Add Site".

Selanjutnya Anda perlu Verifikasi blog Anda ke Google mail. Klik "Verifikasi situs" link dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh Google.

Setelah Anda memverifikasi blog Anda, klik tombol "Sitemap" menu item dari samping kiri dan klik tombol "Add Sitemap" link.

Pilih "Add General Web Sitemap" ketika ditanyakan ke Pilih Jenis. Anda akan melihat kotak untuk memasukkan teks dalam RSS feed URL seperti ini:




Masukkan URL feed Anda dan klik tombol "Add General Web Sitemap" dan selesai!. Setelah Google memverifikasi feed Anda dalam format mereka yang akan crawl feed Anda setiap hari untuk mencari update baru dari situs anda.

Manfaat dari Google dengan sitemap adalah untuk membantu mereka memperbaiki cara mereka crawl blog Anda. dalam jangka waktu dekat, Anda akan mulai melihat peningkatan dalam peringkat search engin yang akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas.



Menambahkan file Robots.txt Anda


Langkah 1: Update / membuat file robots.txt

file robots.txt adalah file teks kecil yang ditempatkan di blog web server yang akan memberitahu search engine, apa yang diizinkan dan yang tidak diizinkan di search dari indeks di blog Anda. Kebanyakan blog datang dengan file robots.txt preinstalled. Periksa blog Anda apakah sudah memiliki file robots.txt dengan mengunjungi URL berikut di blog Anda:

http://www.blogname.com/robots.txt

Hanya Perlu mengganti blogname dengan nama situs Anda. Kita akan membuat sebuah file robots.txt sehingga anda tidak perlu kawatir apakah Anda saat ini tidak memiliki file robots.txt pada blog Anda.

Buat file teks bernama robots.txt pada desktop. Masukkan kode berikut ke dalam file yang baru dibuat:


User-agent: *
Disallow/Melarang:

Sitemap:
http://www.blogname.com/sitemap.xml


User-agent: * - menunjukkan kepada search engin agar mereka diizinkan untuk menjelajah situs Anda
Disallow/Melarang: - mengindikasi apa yang dikecualikan dari URL yang dijelajahi oleh mesin pencari. Karena kita tidak memasukkan nilai agar mesin pencari menjelajah semuanya di blog Anda
Sitemap: http://www.blogname.com/sitemap.xml - menunjukkan ke mesin pencari mana sitemap Anda berada. Menggunakan sitemap link dari tip sebelumnya.

Menyimpan file anda dan upload ke direktori root dari server Anda. Google akan mencari file robots.txt pada blog Anda sekali dalam sehari. Anda dapat memastikan bahwa Google menemukan file Anda dengan mengunjungi Webmaster Tool bagian berikut:


Dashboard > Tools > Analyze robots.txt


Sekarang semua mesin pencari akan mengetahui dimana sitemap anda berada dari file robots.txt Anda. Keuntungannya adalah untuk membantu mesin pencari mudah menemukan posting baru dan link dengan mudah.


Google Webmaster Tools menawarkan beberapa statistik tentang cara Google menjelajahi dan mengindeks blog Anda.


Google Sitemap pastikan untuk melihat Google Sitemap Generator Plugin untuk Wordpress.


Saya harap Anda menemukan tips-tips berguna! Nantikan bagian 2.

Related Post




Category Article ,

One Response to “Fan2be”

  • Zae says:

    Kalo untuk blogspot upload robots.txt nya ke alamat server atau direktori mana ya, karna saya kan pakai blogspot gratis jd gk tau yg mana alamat server direktorinya. Mhn penjelasannya ke email saya: contactzaenudin@gmail.com. Trmksh

What's on Your Mind...

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive